Hyperosmolar Hyperglycemic Nonketotic Syndrome (HHNS)

Hyperosmolar Hyperglycemic Nonketotic Syndrome (HHNS): Ketika Hiperglikemia Menjadi Parah bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Hyperosmolar hyperglycemic nonketotic syndrome (HHNS) sangat jarang, tetapi Anda harus menyadarinya dan tahu cara mengatasinya jika itu terjadi. HHNS adalah ketika kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi — Anda menjadi sangat hiperglikemik. HHNS mempengaruhi orang-orang dengan diabetes tipe 2.

HHNS kemungkinan besar terjadi ketika Anda sakit, dan orang tua kemungkinan besar mengembangkannya. Ini dimulai ketika kadar glukosa darah Anda mulai naik: ketika itu terjadi, tubuh Anda akan mencoba untuk menyingkirkan semua kelebihan glukosa melalui sering buang air kecil. Itu membuat tubuh Anda dehidrasi, dan Anda akan menjadi sangat haus.

Sayangnya, ketika Anda sakit, kadang-kadang lebih sulit untuk rehidrasi tubuh Anda, seperti yang Anda tahu seharusnya. Misalnya, mungkin sulit untuk menurunkan cairan. Ketika Anda tidak merehidrasi tubuh Anda, kadar glukosa darah terus meningkat, dan akhirnya bisa menjadi sangat tinggi sehingga bisa membuat Anda koma.

Untuk menghindari sindrom nonkulit hiperglikemik hiperosmolar, Anda harus terus mencermati kadar glukosa darah Anda ketika Anda sedang sakit (Anda harus selalu memperhatikan kadar glukosa darah Anda, tetapi beri perhatian khusus ketika Anda sakit).

Bicaralah dengan profesional kesehatan Anda tentang memiliki rencana hari-sakit untuk mengikuti yang akan membantu Anda menghindari HHNS.

Anda juga harus dapat dengan cepat mengenali tanda dan gejala HHNS, yang meliputi:

    Kadar glukosa darah yang sangat tinggi (lebih dari 600 mg / dL)
    Mulut kering
    Demam tinggi (lebih dari 101ºF)
    Kantuk
    Kehilangan penglihatan

Mengobati Hiperglikemia

Mengobati hiperglikemia adalah masalah untuk mencegahnya.

Jika kadar glukosa darah Anda secara konsisten terlalu tinggi, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankannya dalam kisaran yang lebih normal. Dia mungkin menyarankan:

    Penyesuaian Obat: Dokter Anda dapat menyesuaikan dosis insulin (atau obat penurun glukosa) atau saat Anda menggunakannya untuk membantu mencegah hiperglikemia.
    Bantuan Paket Makanan: Diet sehat dan perencanaan makanan yang tepat dapat membantu Anda menghindari hiperglikemia. Ini termasuk makan sering, memperhatikan asupan gula dan karbohidrat, membatasi penggunaan alkohol, dan makan makanan yang kaya sayuran, buah dan biji-bijian. Jika Anda kesulitan merencanakan makanan, bicarakan dengan dokter atau ahli diet.
    Latihan: Olahraga teratur penting (meskipun Anda tidak menderita diabetes). Mempertahankan tingkat aktivitas yang sehat dapat membantu Anda menjaga kadar glukosa darah Anda dalam kisaran normal.

    Namun, jika Anda mengembangkan hiperglikemia dan / atau keton ada dalam urin Anda, jangan berolahraga. Hiperglikemia dan / atau keton dalam urin berarti olahraga akan menyebabkan glukosa darah Anda naik lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar